DEFINISI
BELAJAR
Berikut ini definisi
belajar menurut beberapa ahli:
1.
Arno F. Wittig
Belajar ialah
perubahan yang relatif menetap yang terjadi dalam segala macam tingkah laku
suatu organisme sebagai hasil belajar.
2.
James Patrick Chaplin
Belajar
dibatasi dengan dua macam rumusan. Rumusan pertama Belajar adalah perolehan
perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan
pengalaman. Rumusan kedua Belajar ialah proses memperoleh respons-respons
sebagai akibat adanya latihan khusus.
3.
Hintzman, Douglas L.
Belajar adalah
suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, manusia atau hewan,
disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme
tersebut.
4.
Arthur S. Reber, Rhianon Allen, Emily Sarah Reber
Belajar dengan dua macam definisi.
- Pertama, belajar adalah : proses memperoleh pengetahuan. Pengertian ini biasanya lebih sering dipakai dalam pembahasan psikologi kognitif yang oleh sebagian ahli dipandang kurang representatif karena tidak mengikutsertakan perolehan ketrampilan non kognitif.
- Kedua, belajar adalah suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif selamanya sebagai hasil latihan yang diperkuat. Dalam definisi ini terdapat empat macam istilah yang esensial dan perlu disoroti untuk memahami proses belajar yaitu: relatively permanent, response potentiality, reinforced dan practice.
5.
Ernest H. Hilgard
Belajar adalah dapat
melakukan sesuatu yang dilakukan sebelum ia belajar atau bila kelakuannya
berubah sehingga lain caranya menghadapi sesuatu situasi daripada sebelum itu.
6.
Notoatmodjo
Belajar adalah usaha
untuk menguasai segala sesuatu yang berguna untuk hidup.
7.
Winkel
Belajar adalah suatu
aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan
lingkungan, yang menghasilakn perubahan - perubahan dalam pengetahuan,
pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap.
8. Noehi Nasution
Belajar
adalah suatu proses yang memungkinkan timbulnya atau berubahnya suatu tingkah
laku sebagai hasil terbentuknya respon utama, dengan syarat bahwa perubahan
atau munculnya perilaku baru itu bukan disebabkan oleh adanya kematangan atau
adanya perubahan sementara karena suatu hal.
9.
Snelbecker
Belajar adalah harus
mencakup tingkah laku dari tingkat yang paling sederhana sampai yang kompleks
dimana proses perubahan tersebut harus bisa dikontrol sendiri atau dikontrol
oleh faktor-faktor eksternal.
10.
Whiterington
Belajar adalah suatu proses
perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanifestasikan dalam perubahan
penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang baru nyata dalam perubahan
ketrampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar